3 Kategori tujuan utama event :
ekonomi, sosial budaya, politis
Ekonomi
Langsung dan Tidak Langsung : marketing produk daerah, lokal/ negara.
jangka pendek : membuat laba
jangka panjang : keuntungan untuk komunitas
tujuan utama sosial dan budaya pada pastisipasi lokal
event dpt dilakukan untuk politik tingkat makro dan mikro
politik tingkat makro : menciptakan citra international satu negara
politik tingkat mikro : mempromosikan perkembangan budaya, etnis, dan multibudaya dalam rangka meredam ketegangan social.
tujuan khusus event harus bisa SMART
Spesific
Measurable (scr kuantitatif) : harus bisa dihitung
Agreed (oleh yang terlibat)
Realistic (dengan sumber daya yang ada)
Timed (jadwal event)
Dewan Manajemen
Tugas : Merencanakan, Melaksanakan, Dan Mengevaluasi Event.
Event yg lebih kompleks bisa dibentuk subgroups.
mencerminkan 1 tim dengan beragam keahlian dan keterampilan bisa diserahkan pada 1 orang atau lebih.
mencakup : Manajemen event, marketing, manajemen, keuangan dan hukum.
Studi kelayakan
Event kevil - informal
Event besar - dengan resiko tinggi pnelitian dalam dan pengambilan keputusan.
study kelayakan awal fokus pada study pasar
study pasar tentang karateristik yg konsumen, potensial, motivasi, preference, alat promosi
study pasar mempengaruhi sponshorship, marketing, tempat, dan tanggal event
0 komentar:
Posting Komentar